Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Batu Meranti (Improving Fraction Learning Outcomes Using The Discovery Learning Model For Class Iv Students Of SDN 1 Batu Meranti)

Rohayati and Siti Rahmah and Asni Khairun Nisa (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Batu Meranti (Improving Fraction Learning Outcomes Using The Discovery Learning Model For Class Iv Students Of SDN 1 Batu Meranti). Online Repository Of Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Batu Meranti  (Improving Fraction Learning Outcomes Using The Discovery Learning Model For Class Iv Stud.pdf] Text
Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Batu Meranti (Improving Fraction Learning Outcomes Using The Discovery Learning Model For Class Iv Stud.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. 2) untuk mengetahui aktivitas peserta
didik dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Discovery

2

Learning. 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik setelah
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pada saat observasi terhadap
pembelajaran matematika belum menggunakan model yang tepat untuk peserta didik. Pada
pelaksanaan proses pembelajaran digunakan langkah-langkah model Discovery Learning yaitu,
simulation (pemberian rangsangan), pernyataan/identifikasi masalah, pengolahan data,
pembuktian dan menarik kesimpulan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
deskriptif kualitatif dan jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas ( PTK ).
Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Batu Meranti. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dimana
setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Batu Meranti
yang terdiri dari 21 peserta didik. Berdasar hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan
bahwa; 1) aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery
Learning terjadi peningkatan dimana peserta didik mendapat skor 21 dengan kriteria cukup aktif
kemudian meningkat menjadi skor 42 dengan kriteria sangat aktif. 2) aktivitas guru dalam kegiatan
pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terjadi peningkatan dimana guru mendapat
skor 74 dengan kriteria baik kemudian meningkat menjadi skor 92 dengan kriteri sangat baik. 3)
hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning
terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari ketuntasan 55% ke 63% pada siklus I dan
meningkat menjadi 71% ke 86% pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 09 Apr 2025 01:16
Last Modified: 09 Apr 2025 01:16
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item