Emy Qurniawati (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDTQ DARUL ILMI. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.
![[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDTQ DARUL ILMI.pdf]](https://repository.unukase.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDTQ DARUL ILMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Di SDTQ Darul Ilmi, ada beberapa masalah. Siswa memiliki hasil belajar yang buruk pada muatan IPAS
Kelas IV karena metode pembelajaran ceramah, guru jarang berinteraksi dengan siswa, dan tidak ada
interaksi guru-siswa. Untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas IV
SDTQ Darul Ilmi, diperlukan inovasi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian
kualitatif yang digunakan. Studi ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklus. Ini
terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Ada 26 siswa di kelas IV
SDTQ Darul Ilmi, 12 laki-laki dan 14 perempuan. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi tentang
aktivitas guru dan siswa. Metode analisis data termasuk distribusi, frekuensi, presentase, dan interpretasi.
Hasil belajar siswa memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu aktivitas guru dan siswa minimal baik atau aktif,
dan ketuntasan individu minimal 65 dan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDTQ Darul Ilmi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah. Guru diharapkan untuk menggunakan model ini sebagai alternatif metode
pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik pada tahun ajaran 2023/2024.
• Kata Kunci: hasil belajar IPAS, Model Problem Based learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/432 |