MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 KARANG INDAH

Aviatul Khoirun Nisa (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 KARANG INDAH. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 KARANG INDAH.pdf] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 KARANG INDAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan di SD Negeri 1 Karang Indah adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V
akibat penggunaan metode ceramah yang membuat pembelajaran cenderung pasif. Pendidik jarang
melibatkan siswa adanya interaksi pendidik dengan siswa serta antar siswa minim. Untuk mengatasi hal
ini diperlukan inovasi melalui model think talk write. Studi ini memakai pendekatan kualitatif dan
kuantitatif melalui PTK dengan dua siklus. Masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan hingga
refleksi dengan melibatkan 28 siswa kelas IV (15 laki-laki dan 13 perempuan). Data dikumpulkan melalui
tes dan observasi, dianalisis menggunakan distribusi frekuensi, persentase, dan interpretasi, dengan
indikator keberhasilan ketuntasan individu ≥70 dan klasikal ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas
pendidik meningkat dari skor 38 pada siklus pertama menjadi 55 pada siklus kedua. Aktivitas peserta didik
juga mengalami kenaikan dari 52,5% ketika siklus pertama menjadi 93% ketika siklus kedua. Ketuntasan
belajar siswa meningkat dari 61% di siklus pertama menjadi 93% di siklus kedua. Kesimpulannya
penerapan model TWT efektif mengoptimalkan hasil belajar muatan bahasa Indonesia siswa kelas V SDN
1 Karang Indah. Saran untuk guru agar memvariasikan model TWT dengan metode lain
Kata Kunci: Menulis Narasi, Think Talk Write

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:57
Last Modified: 29 Jul 2025 02:59
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item
View Item