PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATULICIN IRIGASI

Pujianti (2024) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATULICIN IRIGASI. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATULICIN IRIGASI.pdf] Text
PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BATULICIN IRIGASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi di SDN 2 Batulicin Irigasi adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV
pada muatan Matematika, yaitu di bawah KKTP (≥65), akibat pembelajaran yang berpusat pada guru
sehingga siswa jenuh dan bosan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa,
dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi, dengan melibatkan 9 siswa kelas IV (5 laki-laki dan 4 perempuan). Data dikumpulkan melalui
tes dan observasi, dianalisis menggunakan distribusi frekuensi, persentase, dan interpretasi, dengan
indikator keberhasilan ketuntasan individu ≥65 dan klasikal ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan signifikan pada aktivitas guru dari persentase 68% (siklus I) menjadi 96% (siklus II) dan
aktivitas siswa dari 56% menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar juga meningkat dari 56% pada siklus I
menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model TGT efektif meningkatkan hasil belajar
Matematika pada siswa kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi. Saran diberikan kepada guru untuk
memvariasikan model TGT dengan metode lain agar pembelajaran lebih menarik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kalimat Matematika dan Perhitungan, Model Teams Games Tournament
(TGT)

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:11
Last Modified: 29 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item