Sapriyan and Rolina Amriyanti Ferita (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMKN 1 KUALA KAPUAS. Online Repository of Universitas NU.
![[thumbnail of ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMKN 1 KUALA KAPUAS.pdf]](https://repository.unukase.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMKN 1 KUALA KAPUAS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (587kB)
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL
PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMKN 1 KUALA KAPUAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan
Tecnological Pendagogical Content Knowlegde (TPACK). Berawal dari rasa ingin tahu, maka
timbulah ilmu pengetahuan. Dalam hidupnya manusia digerakan sebagian oleh kebutuhan untuk
mencapai sesuatu, dan sebagian lagi oleh tanggung jawab sosial dalam masyarakat. Manusia bukan
hanya mempunyai kemampuan-kemampuan, tetapi juga mempunyai keterbatasan-keterbatasan, dan
juga tidak hanya mempunyai sifat-sifat yang baik, namun juga mempunyai sifat-sifat yang kurang
baik. Sebagai khalifah Allah SWT di muka bumi, manusia dituntut mampu mengelola alam dengan
beragam ilmu pengetahuan. Oleh karena itu manusia itu sangat membutuhkan pendidikan.Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa tes dan wawancara yang diamati dari orang (Subyek) itu sendiri. Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami
oleh subjek penelitian misalnya perilaku, cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada
suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode
alamiahSebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa data penelitian ini berupa data yang didapat dari
tes menggunakan goggle form dan aplikasi geogebra pada siswa kelas XI DKV di SMK Negeri 1
Kuala Kapuas. Dimana data nilai dari tes tersebut digunakan untuk mengetahui hasil belajar
matematika siswa kelas XI DKV 1Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan mengenai
Analisis Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Technological Pendagogical Content
Kwonledge (TPACK), Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa mampu menggunakan
technologi dengan baik dan siswa lebih mudah mengerjakan soal-soal yang diberikan menggunakan
metode pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: Analisis Hasil Belajar, Pendekatan, TPACK
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/446 |