ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DI SMP NEGERI 4 BANJARBARU

Herda Aulia Lailatul Syifa and Farid Hidayat and Dina Maulida (2024) ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DI SMP NEGERI 4 BANJARBARU. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DI SMP NEGERI 4 BANJARBARU.pdf] Text
ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DI SMP NEGERI 4 BANJARBARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan
berargumentasi, memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah sehari-hari dan dalam dunia kerja,
serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mendeskrispsikan minat belajar peserta didik pada pembelajaran
matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) di SMP Negeri 4 Banjarbaru
tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas yaitu VIII B, VIII D dan VIII G yang berjumlah 96 peserta
didik yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi, uji reliabilitasi dan analisis data dapat disimpulkan
bahwa sebagian besar peserta didik mempunyai minat belajar pada pembelajaran matematika. Dengan hasil
perhitungan uji validitas dari 20 item soal pernyataan dilakukan dengan rumus korelasi product moment
dengan hasil yang dinyatakan valid. Selanjutnya untuk uji reliabilitas angket dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbach memiliki angka yang berbeda disetiap kelasnya, angka Cronbach Alpha untuk kelas VIII
B yaitu 0,988, untuk kelas VIII D yaitu 0,993 dan untuk kelas VIII G yaitu 0,980 semua berada dalam
interpretasi yang sangat tinggi. Dari hasil tersebut dinyatakan minat peserta didik dalam pembelajaran
matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) di SMP Negeri 4 Banjarbaru
sangat tinggi.
Kata Kunci: minat belajar, pembelajaran matematika, pendekatan RME (Realistic Mathematics
Education)

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:05
Last Modified: 29 Jul 2025 04:05
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item
View Item