Sri Yulianti and Siti Rahmah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN GAMBUT 3. Online Repository of Universitas NU Kalimantan Selatan.
![[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN GAMBUT 3.pdf]](https://repository.unukase.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN GAMBUT 3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (526kB)
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan. Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah rendahnya hasil belajar matematika
siswa kelas IV karena pembelajaran masih kurang optimal, siswa cenderung pasif dan kurang aktif,
pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Oleh sebeb itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran
dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas
guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambut 3.
Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis Penilitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan
setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Tempat penelitian di SDN Gambut 3, dengan jumlah 14 orang peseta didik terdiri dari 10 orang peserta
didik perempuan dan 4 orang peserta didik laki-laki. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar
peserta didik memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥64% dengan ketuntasan klasikal ≥ 65% −
89%. aktivitas guru dan aktivitas peserta didik minimal berkriteria baik dan aktif.
Analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian
yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan
aktivitas peserta didik ketuntasan individu yaitu ≥64% dengan ketuntasan klasikal ≥ 65% − 89%.
aktivitas guru dan aktivitas peserta didik minimal berkriteria baik dan aktif.
Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran
yaitu pada siklus I pertemuan I yaitu 55%, pertemuan II yaitu 60% dan pada siklus II pertemuan I yaitu
70%, pertemuan II yaitu 80%. Presentase aktivitas klasikal peserta didik pada siklus I pertemuan I
mencapai 42,8%, pertemuan II mencapai 50% dan pada siklus II pertemuan I mencapai 71,4% pertemuan
II mencapai 85,7%. Ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik siklus I mencapai 42,8% dan
meningkat pada siklus II mencapai 85,7%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Kesimpulan dan Saran. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas
IV SDN Gambut 3 pada tahun ajaran 2023/2024. Pada temuan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru
agar menggunakan model Team Games Tournament (TGT) sebagai salah satu alternatif agar memudahkan
proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik akan lebih baik dan meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model TGT Hasil Belajar Matematika, Model TGT
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/450 |