Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalimat Matematika dan Perhitungan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi

Pujianti (2024) Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalimat Matematika dan Perhitungan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I DAN BAB V.pdf] Text
BAB I DAN BAB V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II, III, IV.pdf] Text
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK

Pujianti. 2024. Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalimat Matematika dan Perhitungan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (1) Siti Rahmah, M.Pd, Pembimbing (II) Asni Deselia Khairunnisa, M.Pd.

Kata-kata Kunci: Hasil Belajar kalimat matematika dan perhitungan, Model Teams Games Tournament (TGT).

Permasalahan yang dihadapai di SDN 2 Batulicin Irigasi adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada muatan Matematika yaitu dibawah KKTP ≥ 65. Karena kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, siswa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN 2 Batulicin Irigasi, siswa kelas IV yang berjumlah 9 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitasguru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 65 dengan ketuntasan klasikal≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.

Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus 1 pertemuan I yaitu 38 dengan persentase 68%, pertemuan kedua yaitu 42 dengan persentase 75% dan pada Siklus II pertemuan I yaitu 48 dengan persentase 86%, pertemuan kedua yaitu 54 dengan persentase 96%. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I mencapai 56%, perternuan 2 mencapai 66% dan pada siklus Il pertemuan I mencapai 89%, pertemuan 2 mencapai 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 56%, pertemuan kedua mencapai 67% dan meningkat pada siklus II pertemuan I mencapai 89%, pertemuan kedua mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar kalimat matematika dan perhitungan pada siswa kelas IV SDN 2 Batulicin Irigasi pada tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:05
Last Modified: 04 Aug 2025 02:06
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item
View Item