MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN GAMBUT 3

Sri Yulianti (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN GAMBUT 3. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of BAB II,III,IV.pdf] Text
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Yulianti, Sri, 2024, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Pada Kelas IV SDN Gambut 3. Skripsi program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (1) Siti Rahmah, M.Pd pembimbing (II) Rofi Shafwan, S.Pd., M.Sn.

Kata-kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model TGT

Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV karena pembelajaran matematika masih kurang optimal, peserta didik cenderung pasif dan kurang aktif, dan belum terlihatnya penggunaan model. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Toumament (TGT) dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Gambut 3.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian dilaksanakan dalam empat pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Setting penelitiannya di SDN Gambut 3, peserta didik kelas IV yang berjumlah 14 orang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk aktivits guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, presentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar peserta didik memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 60 dengan ketuntasan klasikal 65%-80%. Aktivitas guru dan peserta didik minimal berkriteria aktif baik.

Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan I yaitu 11, pertemuan II yaitu 12 dan pada siklus II pertemuan I yaitu 14, pertemuan II yaitu 16. Presentase aktivitas klasiklal peserta didik pada siklus I pertemuan I mencapai 50% pertemuan II mencapai 57,2% dan pada siklus II pertemuan I mencapai 64,3% pertemuan II mencapai 85,7%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan gaya pengajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan matematika peserta didik kelas IV SDN Gambut 3 tahun ajaran 2023-2024.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:02
Last Modified: 04 Aug 2025 03:02
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item
View Item