MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN CINTAPURI 1 KECAMATAN CINTAPURI DARUSALLAM KABUPATEN BANJAR

YULIANA, YULIANA (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN CINTAPURI 1 KECAMATAN CINTAPURI DARUSALLAM KABUPATEN BANJAR. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari 20 siswa hanya 40% (8 siswa) yang mencapai KKM dan 60% (12 Siswa) tidak mencapai KKM .Hal ini terjadi karena aktivitas siswa dalam pembelajaran masih ada yang tidak aktif. Dan juga siswa kesulitan menyerap materi yang banyak dan bersifat hafalan, serta siswa merasa jenuh dengan proses pembelajaran yang dirasa monoton dan tidak menyenangkan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Course Review Horay.

Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Cintapuri 1 pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah pembelajaranPerjuangan Mempertahankan Kemerdekaandengan menggunakan model Course Review Horay. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan presentase penskoran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Course Review Horaydapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan perolehan skor 68,75 meningkat menjadi 100 pada siklus IV. Aktivitas siswa siklus Iberdasarkan klasikal 37,85% meningkat menjadi 96,42% pada siklus IV. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, pada siklus Imencapai 45% dan meningkat pada siklus IV menjadi 95%.

Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksananya sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan baik berdasarkan individu maupun klasikal. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Course Review Horaysebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:15
Last Modified: 23 Aug 2024 03:15
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item