MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MADUREJO

Musrifah, Musrifah (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MADUREJO. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapai di SDN Madurejo 1 adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKN Kelas IV dari 11 siswa, ada 4 siswa yang mencapai KKM dan 7 siswa belum mencapai KKM karena belum optimalnya pembelajaran yang dilaksanakan, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, kurang optimal dalam membimbing siswa untuk memperoleh pengetahuan sendiri sehingga siswa terbiasa menerima pengetahuan hanya dari penjelasan guru, serta belum memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapat sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madurejo 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN Madurejo 1, siswa kelas IV yang berjumlah 11 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 18, pertemuan kedua yaitu 19 dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 20, pertemuan kedua yaitu 23. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 64%, pertemuan 2 mencapai 73% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 91%, pertemuan 2 mencapai 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 55% dan meningkat pada siklus II mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madurejo 1 pada tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:33
Last Modified: 22 Aug 2024 03:33
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item