Rumyati, Rumyati (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING DAN COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN KERAMAT MINA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (584kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi di SDN Keramat Mina adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia Kelas V, dari 35 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM dan 22 siswa belum mencapai KKM 70 karena metode yang digunakan guru kurang bervariasi, menggunakan model pembelajaran konvensional, Pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya minat membaca siswa, lemahnya tingkat kemampuan membaca siswa, kurangnya peran aktif siswa dalam pembelajaran dan kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading dan Composition dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Keramat Mina.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Setting penelitiannya di SDN Keramat Mina, siswa kelas V yang berjumlah 35 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 13, pertemuan kedua yaitu 14 dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 16, pertemuan kedua yaitu 19. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 69%, pertemuan 2 mencapai 74% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 77%, pertemuan 2 mencapai 91%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 66% dan meningkat pada siklus II mencapai 94%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading dan Composition dapat keterampilan membaca pemahaman siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa kelas V SDN Keramat Mina pada tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:49 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:49 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/56 |