MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN PODOK 1

SAPIAH, SAPIAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN PODOK 1. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (611kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (959kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPS kelas IV SDN Podok 1 yakni masih belum optimal dan
rendahnya hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ditemukan, 1)
proses pembelajaran IPS berpusat pada guru, 2) pembelajaran masih menggunakan metode
ceramah, tanya jawab dan penugasan, 3) siswa kurang aktif dalam merespons
pembelajaran, 4) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, terlihat siswa hanya diam
ketika guru menjelaskan materi dan tanya jawab, 5) belum terlihatnya media maupun alat
bantu dalam proses pembelajaran termasuk kegiatan berkelompok, 6) kegiatan membuat
kesimpulan masih didominasi oleh guru, dan 7) rendahnya hasil belajar muatan IPS
dengan 11 siswa (44%) yang tuntas KKM 70 dari total 25 siswa di kelas. Adapun solusi
masalah tersebut dengan perbaikan pembelajaran melalui model Make a Match.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus
yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas pada siswa kelas IV SDN Podok 1
semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki
dan 10 siswi perempuan. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan
hasil belajar muatan IPS melalui model pembelajaran Make a Match. Cara pengambilan
data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai
yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥ 80% berada pada kriteria baik dan aktif serta
ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan
pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran
Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan IPS. Hal
tersebut berdasarkan data dari hasil aktivitas guru siklus I sebesar 66%, siklus II sebesar
77%, siklus III sebesar 87% dan siklus IV 94%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 61%,
siklus II sebesar 73%, siklus III sebesar 84% dan siklus IV 95%. Hasil belajar muatan IPS
siswa dengan ketuntasan pada siklus I sebanyak 52%, siklus II sebanyak 64%, siklus III
76%, siklus IV sebanyak 88%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan pada
setiap siklus dan mencapai indikator yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV
SDN Podok 1 pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam
menyusun berbagai program sekolah yang terkait dengan proses belajar mengajar dengan
menggunakan model pembelajaran dan melalui Make a Match proses pembelajaran
menjadi lebih aktif dan memudahkan siswa saling berinteraksi satu sama lain sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:51
Last Modified: 26 Aug 2024 01:51
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item
View Item