MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI PASIR PUTIH

ANALIN SEPTI SUSAN SAPUTRI, SEPTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI PASIR PUTIH. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di UPTD SD Negeri Pasir Putih adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada muatan PPKN Kelas V karena kurang diminati oleh siswa, siswa
menggap mata pelajaran PPKN sangat membosankan, siswa merasa seperti diberikan
cerita dan mendengarkan, tidak ada reaksi umpan balik dari siswa sehingga pembelajaran
hanya berpusat pada guru. Sehingga hasil belajar siswa rendah dan berada di bawah KKM
yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran CTL dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan
hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri Pasir Putih.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua
kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Setting penelitiannya di SD Negeri Pasir Putih, siswa kelas V
yang berjumlah 23 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi untuk aktivitas
guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi,
persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal
≥80%.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran
yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 26, pertemuan 2 yaitu 30 dan pada Siklus II
pertemuan 1 yaitu 32, pertemuan 2 yaitu 35. Persentase aktivitas klasikal siswa pada
Siklus I pertemuan 1 mencapai 52%, pertemuan 2 mencapai 65% dan pada siklus II
pertemuan 1 mencapai 91%, pertemuan 2 mencapai 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa
siklus I pertemuan I mencapai 61% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai
100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar muatan
PPKN siswa kelas V UPTD SD Negeri Pasir Putih pada tahun ajaran 2022/2023.
Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru menggunakan
model pembelajaran CTL sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses
pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:00
Last Modified: 26 Aug 2024 02:00
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item