MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKAUK 3

MAWADDAH, MAWADDAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKAUK 3. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTRA PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (754kB)
[thumbnail of II-III-IV (2).pdf] Text
II-III-IV (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Mangkauk 3 adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada muatan PPKN Kelas IV dari 21 siswa hanya 9 yang mencapai
KKM dan 12 siswa belum mencapai KKM karena siswa kurang dilibatkan dalam
pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif, siswa kurang
antusias dan kurang aktif dalam pembelajaran serta pembelajaran membosankan
bagi siswa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan
menggunakan model Numbered Heads Together dengan tujuan untuk mengetahui
aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangkauk 3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN
Mangkauk 3, siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang terdiri dari 7 laki-laki dan
14 perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan
observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar
siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator
keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu
≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru dan siswa minimal
berkriteria baik/aktif.

Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan
pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 20, pertemuan kedua yaitu 21
dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 23, pertemuan kedua yaitu 25. Persentase
aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 62%, pertemuan 2
mencapai 71% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 76%, pertemuan 2
mencapai 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 62% dan
meningkat pada siklus II mencapai 86%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah
tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelaajran Numbered Heads Together dapat
meningkatkan hasil belajar muatan PPKN siswa kelas IV SDN Mangkauk 3 pada
tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan
kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together
sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar
siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 27 Aug 2024 00:46
Last Modified: 27 Aug 2024 00:46
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item
View Item