MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL QUCING (Quantum Learning, Circuit Learning dan Snowball Throwing) PADA MUATAN IPA KELAS IV UPTD SD NEGERI BUKIT MULIA 1

MEYNITA INTAN UTARI, INTAN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL QUCING (Quantum Learning, Circuit Learning dan Snowball Throwing) PADA MUATAN IPA KELAS IV UPTD SD NEGERI BUKIT MULIA 1. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (497kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapai di UPTD SDN Bukit Mulia adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA Kelas IV karena kurangnya ketertarikan siswa untuk bertanya dan berpendapat, belum mampu berpikir kritis dan kreatif, keaktifan dan minat siswa rendah selama mengikuti proses pembelajaran, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Sehingga hasil belajar siswa rendah dan berada di bawah KKM yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran QUCING dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Bukit Mulia 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di UPTD SDN Bukit Mulia 1, siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 82%.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 24, pertemuan kedua yaitu 28 dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 32, pertemuan kedua yaitu 35. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 65%, pertemuan 2 mencapai 75% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 85%, pertemuan 2 mencapai 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II pertemuan II mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran QUCING dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas IV UPTD pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru menggunakan model pembelajaran QUCING sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:18
Last Modified: 27 Aug 2024 01:18
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item