MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI PANDANSARI 2

MARTIN TRIWIDYA NINGRUM, MARTIN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI PANDANSARI 2. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (497kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, siswa dikondisikan hanya duduk, diam, menghafal serta mendengarkan dan kemudian mencatat apa saja yang dijelaskan oleh guru. Guru yang mengajar dengan gaya konvensional mengakibatkan pembelajaran berlangsung secara monoton. Hal ini terlihat dari metode yang digunakan hanya menggunakan ceramah dan tanya jawab saja, dengan demikian membuat siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran IPS. Siswa juga tidak memperhatikan guru saat mengajar karena komunikasi yang terjadi hanya satu arah yang berasal dari guru saja
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali
pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitiannya di SD Negeri Pandansari 2, siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥80%.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 69%, pertemuan 2 yaitu 83% dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 89%, pertemuan 2 yaitu 100%. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 35%, pertemuan 2 mencapai 52% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 76%, pertemuan 2 mencapai 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV UPTD SD Negeri Pandansari pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru menggunakan model pembelajaran STAD sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS Melalui Model STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:48
Last Modified: 27 Aug 2024 01:55
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item