MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 3

AULIA NANDA RAHMAWATI, AULIA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 3. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAK.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (927kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah hasil belajar siswa pada muatan
IPA Kelas IV kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional,
pembelajaran cenderung menghafal teori tanpa praktek, dan siswa kurang aktif. oleh sebab itu,
perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali
pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Gambut 3, siswa kelas IV yang berjumlah
23 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes
hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan
yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan
klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu
pada Siklus I Pertemuan I yaitu 12, pertemuan II yaitu 14, dan pada Siklus II Pertemuan III
yaitu 16, pertemuan IV 17. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I
mencapai 57,61%, pertemuan II mencapai 60% dan pada Siklus II pertemuan III mencapai
68,7%, pertemuan IV mencapai 85,2%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai
30,4%, dan meningkat pada siklus II pertemuan IV yaitu mencapai 82,6%. Hal ini
menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditentukan
sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatakan hasil
belajar muatan IPA kelas IV SDN Gambut 3 pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan
hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses
pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:36
Last Modified: 28 Aug 2024 07:36
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item