MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN MUARA HALAYUNG

NURUL HIKMAH, NURUL (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN MUARA HALAYUNG. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUETAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUETAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[thumbnail of II-III-IV (2).pdf] Text
II-III-IV (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Muara Halayung adalah hasil belajar siswa pada muatan IPA Kelas V
kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, siswa kurang aktif, siswa
sulit memahami pelajaran IPA, pembelajaran belum menggunakan pembelajaran kooperatif, hasil belajar muatan IPA
belum maksimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Group Investigation
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan
Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Muara Halayung, siswa kelas
V yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar
observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase
dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan indvidu yaitu ≥ 60
dengan ketuntasan klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I pertemuan
I yaitu 12, pertemuan II yaitu 15 dan pada Siklus II pertemuan III yaitu 17, pertemuan IV yaitu 20. Persentase aktivitas
klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I mencapai 53,00%, pertemuan II mencapai 65,00% dan pada Siklus II
pertemuan III mencapai 82,30%, pertemuan IV mencapai 88,30%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai
35,3% dan meningkat pada Siklus II pertemuan IV yaitu mencapai 88,3%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah
tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Group Investigation
dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Kelas V SDN Muara Halayung pada tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:28
Last Modified: 29 Aug 2024 01:28
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item