MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 3

ISMAIL, MAIL (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 3. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (619kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah hasil belajar siswa pada muatan
IPS Kelas IV rendah karena Pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran
langsung yang cenderung kegiatan mengajar masih menggunakan model pembelajaran
ceramah, Siswa tidak aktif terlihat masih ada beberapa siswa yang diam pada saat guru
memberikan pertanyaan tentang materi pembelajaran, dan Suasana kelas berisik, sehingga
membuat siswa lain kurang fokus. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran
menggunakan model Think Pairs Share
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali
pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Setting penelitianna di SDN Gambut 3, siswa kelas IV yang
berjumlah 23 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara, lembar tes untuk aktivitas
guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan
interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan
individu yaitu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal
berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu
pada Siklus I pertemuan I yaitu 12, pertemuan II yaitu 14 dan pada Siklus II pertemuan III
yaitu 16, pertemuan IV yaitu 17. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I
mencapai 52,17%, pertemuan II mencapai 60,86% dan pada Siklus II pertemuan III mencapai
69,56%, pertemuan IV mencapai 82,60%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai
34,78% dan meningkat pada Siklus II pertemuan IV yaitu mencapai 74%. Hal ini menunjukkan
bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
model Think Pairs Share dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Kelas IV SDN
Gambut 3 pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat
diharapkan kepada guru agar menggunakan model Think Pairs Share sebagai salah satu
alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan
meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:41
Last Modified: 29 Aug 2024 01:41
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item