MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V UPTD SDN NEGERI 3 BUKIT MULIA

SRI NINGSIH, NINGSIH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V UPTD SDN NEGERI 3 BUKIT MULIA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di UPTD SD Negeri 3 Bukit Mulia adalah
rendahnya hasil belajar siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas V karena guru
belum menemukan model yang cocok sehingga siswa merasa bosan, serta materi
pembelajaran yang tidak terselesaikan dalam satu kali pertemuan. Sehingga hasil
belajar siswa rendah dan berada di bawah KKM yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu
dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan
tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas
V UPTD SD Negeri 3 Bukit Mulia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitiannya di UPTD
SD Negeri 3 Bukit Mulia siswa kelas V yang berjumlah 15 orang terdiri dari 8 orang
laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan
menggunakan tes dan observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator
keberhasilan yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan
pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 18, pertemuan 2 yaitu 22 dan
pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 30, pertemuan 2 yaitu 32. Persentase aktivitas
klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 53%, pertemuan 2 mencapai
67% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 87%, pertemuan 2 mencapai 89%.
Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 53% dan meningkat
pada siklus II pertemuan 2 mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah
tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan
temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar Materi Kubus dan Balok siswa
kelas V UPTD SD Negeri 3 Bukit Mulia pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan
temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru menggunakan model
pembelajaran TGT sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses
pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:27
Last Modified: 29 Aug 2024 02:27
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item