MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MARADAP KABUPATEN BALANGAN

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MARADAP KABUPATEN BALANGAN. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (502kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (470kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di kelas IV
SDN Maradap Kabupaten Balangan ditemukan permasalahan rendahnya
keterampilan menulis siswa. Hasil observasi terhadap 12 peserta didik
ditemukan adanya lebih dari 50% siswa belum terampil dalam cara penulisan
huruf, kerapian, kejelasan, dan ketepatan menulis. Melalui wawancara terhadap
wali kelas IV SDN Maradap Kabupaten Balangan yaitu dengan Ibu Hj.Siti Hulpah,
S.Pd, SD. Dari hasil temuan, salah satu permasalahannya, yaitu rendahnya
keterampilan menulis, terutama penggunaan huruf besar dan kecil.
Sebagai upaya pemecahan permasalahan diatas maka peneliti melakukan
penelitian Tindakan kelas dengan media gambar, media gambar diharapkan dapat
meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV. Tindakan yang akan dilakukan
pada penelitian ini yaitu dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum
memulai pembelajaran dengan media gambar, lalu pengimplementasian dan
latihan, skenario tersebut dilakukan berulang sampai siklus terakhir untuk
mendapatkan hasil yang diinginkan.
Dalam sebuah kelas di SDN Maradap ditemukan bahwa keterampilan
menulis siswa masih kurang, khususnya di kelas IV. Tulisan siswa yang kurang rapi
dapat menyulitkan pembaca, dari permasalahan tersebut maka peneliti melakukan
upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan media gambar. Melalui
gambar yang di tampilkan peneliti siswa dapat meniru gaya tulisan tersebut dengan
memberikan contoh cara penulisan sebelumnya agar siswa paham, mengerti, dan
dapat mengikuti. Di akhir pembelajaran peneliti menguji siswa untuk menuliskan
nama mereka masing-masing untuk di nilai oleh peneliti. Dari data menunjukkan
bahwa dengan media gambar keterampilan menulis siswa jadi meningkat karena
dari yang awalnya ada 75% kategori “Kurang Bagus” dari seluruh siswa, diakhir
siklus kategori tersebut sudah tidak ada, artinya sudah 75% siswa mengalami
perubahan keterampilan menulisnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:32
Last Modified: 30 Aug 2024 06:32
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item