MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MEDIA SISWA KELAS III SDN MANGKAUK 3 PENGARON

MUHAMMAD DAHRI, DAHRI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MEDIA SISWA KELAS III SDN MANGKAUK 3 PENGARON. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa
muatan Matematika yang dilihat dari nilai harian siswa, dari 30 siswa hanya 14
siswa yang memenuhi KKM yaitu 65, sedangkan ada 16 siswa yang belum
memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Materi Bilangan Pecahan siswa Kelas III SDN Mangkauk 3 dengan Menggunakan
Alat Media Game Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan
Menggunakan Alat Media. Setting penelitian ini adalah siswa Kelas III pada
Semester 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri
dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswi perempuan. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi
siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, tes tertulis berupa tes evaluasi
secara individu (LKS). Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran
berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Alat Media terhadap
aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik,
aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif
pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara
siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat
disimpulkan bahwa Menggunakan Alat Media dapat meningkatkan hasil belajar
siswa Muatan Pelajaran Matematika Bilangan Pecahan di SDN Mangkauk 3 tahun
ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:13
Last Modified: 30 Aug 2024 07:13
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item