MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI UYAK KECAMATAN SAMBUNG MAKMUR KABUPATEN BANJAR

Jamaludin, Jamaludin (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI UYAK KECAMATAN SAMBUNG MAKMUR KABUPATEN BANJAR. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa
muatan IPS yang dilihat dari 15 siswa kelas IV SDN Sungai Uyak hanya 7 atau
47% siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (70) sedangkan 8 siswa atau
53% siswa belum memenuhi KKM (70). Penelitian ini bertujuan Meningkatkan
Hasil Belajar IPS siswa Kelas IV SDN Sungai Uyak Menggunakan Model
pembelajaran Snowball Throwing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali
pertemuan Menggunakan Model pembelajaran Snowball Throwing. Setting
penelitian ini adalah siswa Kelas IV pada Semester 2 tahun ajaran 2022/2023
yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 8 orang
siswi perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar
kerja kelompok, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu (LKS). Teknik
analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan
nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Model pembelajaran
Snowball Throwing terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh
kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan
kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas
menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan
siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa Menggunakan
Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Muatan Pelajaran IPS di SDN Sungai Uyak tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:11
Last Modified: 04 Sep 2024 05:11
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item