MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD BINA BERSAMA

FAHRIAH, FAHRIAH (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD BINA BERSAMA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (879kB)

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran RAFT berbantuan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD Bina Bersama. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (1) Nor Lila Sari, M.Pd. Pembimbing (II) Ayu Anindia Hizraini, M. Pd. Kata Kunci: Menulis Teks Deskripsi, RAFT, Numbered Heads Together Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN Bina Bersama yang masih rendah. Permasalahan tersebut terjadi karena siswa merasa kesulitan membedakan antara karangan deskripsi dan karangan narasi dalam kegiatan menulis, kesulitan siswa dalam mendeskripsikan objek dari gambar, siswa belum mampu menuangkan gagasan, pendapat, maupun idenya ke dalam bentuk tulisan, siswa malu bertanya dan tidak fokus pada saat penjelasan materi serta hasil belajar materi menulis teks deskripsi siswa yang rendah dengan ketuntasan hanya 39% atau sebanyak 7 dari 18 siswa kelas. Salah satu solusi yang sesuai dengan permasalahan menulis teks deskripsi yaitu melalui strategi Role, Audience, Format, dan Topic berbantuan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 pertemuan secara keseluruhan. Setiap pertemuan penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Bina Bersama semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar menulis teks deskripsi melalui strategi pembelajaran RAFT berbantuan model pembelajaran Numbered Heads Together. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥ 80% berada pada kriteria sangat baik dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70 (KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan individu. Berdasarkan hasil penelitian setiap pertemuan dan siklus selalu mengalami peningkatan pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sebesar 57,5%, siklus I pertemuan II sebesar 65%, siklus II pertemuan I sebesar 77,5% dan meningkat lai pada siklus II pertemuan II sebesar 87,5%. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 58%, siklus I pertemuan II sebesar 66%, siklus II pertemuan I sebesar 78% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 88,7%. Hasil pengamatan pada hasil menulis teks deskripsi siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 7 siswa tuntas atau sebesar 39%, siklus I pertemuan II sebanyak 9 siswa yang tuntas atau sebesar 50%, siklus II pertemuan I sebanyak 13 siswa tuntas atau sebesar 72% dan siklus II pertemuan II sebanyak 15 siswa tuntas atau sebesar 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi melalui strategi RAFT berbantuan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas IV SD Bina Bersama dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran terutama dalam mengajarkan keterampilan menulis dengan strategi RAFT dan dapat menjadikan pembelajaran menyenangkan dan aktif dengan model pembelajaran Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:19
Last Modified: 17 Sep 2024 03:19
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item