IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) UNTUK LAYANAN PENGGUNA DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN SELATAN

Agung Sutanto, Agung (2024) IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) UNTUK LAYANAN PENGGUNA DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN SELATAN. Repositori Online Perpustakaan Universitas NU Kalsel. pp. 1-3.

[thumbnail of EJournal Agung Sutanto - Agung Sutanto (1).pdf] Text
EJournal Agung Sutanto - Agung Sutanto (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot berbasis
Natural Language Processing (NLP) di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan, yang mampu
merespons pertanyaan pengguna secara cepat dan akurat, terutama terkait informasi akademik dan layanan
universitas.
Material dan Metode: Pengembangan chatbot menggunakan pendekatan desain sistem berbasis metode
Waterfall, dengan tahap pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta pengujian
menggunakan metode Black Box Testing untuk menilai fungsi chatbot.
Hasil: Chatbot yang dihasilkan mampu memberikan informasi dasar yang dibutuhkan oleh pengguna,
seperti informasi mengenai universitas, program studi, pendaftaran, dan beasiswa. Namun, informasi yang
disediakan masih terbatas pada data yang tersedia di dalam database.
Kesimpulan: Chatbot ini menunjukkan potensi dalam memberikan layanan informasi yang efisien, namun
perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan akurasi dan cakupan informasi.
Hasil: Chatbot yang dihasilkan mampu memberikan informasi dasar yang dibutuhkan oleh pengguna,
seperti informasi mengenai universitas, program studi, pendaftaran, dan beasiswa. Namun, informasi yang
disediakan masih terbatas pada data yang tersedia di dalam database.
Kesimpulan: Chatbot ini menunjukkan potensi dalam memberikan layanan informasi yang efisien, namun
perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan akurasi dan cakupan informasi.
Kata Kunci
Chatbot, Layanan Pengguna, Natural Language Processing (NLP), Teknologi Informasi;

Item Type: Article
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan > Teknik Informatika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:35
Last Modified: 17 Sep 2024 03:38
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item