PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA GOA BATU HAPU DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC MENGGUNAKAN METODE MDLC

UMI MUSTAQIMAH, UMI (2024) PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA GOA BATU HAPU DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL (2).pdf] Text
HALAMAN JUDUL (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[thumbnail of BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[thumbnail of BAB II,III,IV.pdf] Text
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (608kB)

Abstract

Pada provinsi Kalimantan Selatan, terdapat destinasi wisata yang menakjubkan bernama Goa Batu Hapu, sebuah goa yang terbentuk dari proses alami ribuan tahun, dihiasi dengan stalaktit dan formasi batuan yang memukau. Selain keindahannya, goa ini juga memiliki nilai sejarah dan legenda yang menarik. Namun, upaya promosi yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat melalui website dan cerita lisan masih kurang efektif. Oleh karena itu, penulis merancang pembuatan animasi 2D dengan teknik Motion Graphic sebagai media promosi yang lebih menarik dan efektif. Animasi Motion Graphic mampu menciptakan visual yang memikat dan menyampaikan konsep kompleks dengan cara yang mudah dipahami oleh audiens. Dengan memanfaatkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), pembuatan animasi ini melalui beberapa fase, termasuk konseptualisasi, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Animasi dibuat dengan Adobe Illustrator dan Adobe After Effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan animasi 2D dengan teknik motion graphic efektif dalam menarik masyarakat dan meningkatkan minat wisatawan terhadap Goa Batu Hapu. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap video yang dihasilkan mencapai 86,31%, menunjukkan bahwa animasi dapat memberikan informasi yang menarik dan efektif. Hasil ini menunjukkan potensi besar animasi 2D sebagai alat promosi yang efektif untuk destinasi wisata. Kata Kunci : Animasi, Animasi 2 Dimensi, Motion Graphic, Multimedia Development Life Cycle, Goa Batu Hapu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan > Teknik Informatika
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 19 Sep 2024 00:15
Last Modified: 19 Sep 2024 00:15
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item