MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 4 SDN MEKAR RAYA

Imam Nawawi, Imam Nawawi (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 4 SDN MEKAR RAYA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (537kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS, Model Pembelajaran ThinkIPair Share. PermasalahanIyang terjadi di SDN Mekar RayaIadalah hasil belajar siswa IV kurang optimal dan masih dibawah Kriteria Ketercapain Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini disebabkan oleh kurang aktifnya siswa, karena pemebelajaran masihImenggunakanImetodeIpembelajaranIlangsung denganImetode ceramah dan belum menerapkan model pembelajaran. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi, yaitu denganImenggunakan model pembelajaran ThinkIPairIShare untuk dapat meningkatkanIaktivitas guru, aktivitasIsiswaIdanIhasil belajar siswa kelas IV SDN Mekar Raya. PenelitianIini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganIpendekatanIkualitatif. Penelitian dilaksanakanIdalam 2 siklus, pada siklus I ada 2 pertemuanIdanIpada siklus II ada 1 pertemuan, dengan 4Itahapan yaitu perencanaan,Ipelaksanaan,Ipengamatan, dan refleksi. SettingIpenelitian di SDN Mekar Raya, padaIsiswa kelas IV yangIberjumlah 24 siswaIterdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswaIperempuan. Teknik pengumpulan dataIdilakukan dengan menggunakanIobservasi, dokumentasi, dan tes latihan. Hasil belajarIsiswa dikatakan berhasilIapabila capaian pembelajaran siswaIdi kelas mencapai nilai ketuntasan >70%, pada aktivitas guru mencapaiIskor minimal >17 (60%) berkategori baik,Idan pada aktivitasIsiswa mencapai skorIrata-rata minimal >15 (62%) berkategori baik. HasilIpenelitian yang diperoleh pada aktivitasIguru dalam kegiatan pembelajaranIpada Siklus I pertemuan 1Iyaitu 85,7%, pertemuanI2 yaitu 96,4, dan pada Siklus II pertemuanI3 yaitu 100%. Sedangkan persentaseIaktivitas siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 58,3%, pertemuanI2 mencapai 70,8%, dan pada Siklus IIIpertemuan 3 mencapai 83,3%. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa SiklusII pertemuan 1 mencapaiI58,3%, pertemuan 2 70,8%, dan meningkatIpada Siklus II pertemuan 3 yaitu mencapai 87,5%. HalIini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikatorIkeberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Bedasarkan temuanIhasilItersebutIdapatIdisimpulkanIbahwa menerapkan model pembelajaran ThinkIPairIShareIpadaIpembelajaran dapat memperbaiki dan meningkatkanIhasilIbelajar muatan IPASIkelas IV SDN Mekar Raya pada tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:09
Last Modified: 25 Sep 2024 03:09
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item