MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA

Junaidi, Junaidi (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELAS 5 SDN MEKAR RAYA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SDN Mekar Raya adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas 5 rendah di bawah kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh siswa bekerja secara individu, siswa merasa bosan di dalam pembelajaran, pembelajaran kurang efekif dan siswa kurang aktif , karena siswa sering di ajarkan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi, yaitu dengan menggunakan model Make a Match untuk dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Mekar Raya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus I ada 2 pertemuan dan pada siklus II ada 1 pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Mekar Raya pada siswa kelas 5 yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes latihan. Hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila capaian pembelajaran siswa di kelas mencapai nilai ketuntasan >70, pada aktivitas guru mencapai skor minimal >65 (81%) berkategori sangat baik, dan pada aktivitas siswa mencapai skor rata-rata minimal >17 (81%) berkategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan skor 59, pertemuan II yaitu 64, dan pada siklus II pertemuan I yaitu 70. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 62,5%, pertemuan II mencapai 68,7%, dan pada siklus II pertemuan I mencapai 83,3%. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 58,3%, pertemuan II 70,8%, dan meningkat pada siklus II pertemuan I yaitu mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menerapkan model Make a Match pada pembelajaran dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar muatan IPS kelas 5 SDN Mekar Raya pada Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:03
Last Modified: 26 Sep 2024 03:03
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item
View Item