SITI RAUDAH, RAUDAH (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS IV SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (654kB)
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (441kB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca intensif pada materi menemukan informasi, siswa yang berjumlah 15 orang hanya 5 orang siswa (33,33%) yang mencapai ketuntasan belajar (KKM yang digunakan adalah 70). Untuk memecahkan masalah ini, solusi yang digunakan adalah penerapan model DRTA (Directed Reading Thinking Activity). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada materi menemukan informasi menggunakan model DRTA
(Directed Reading Thinking Activity).
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan di kelas 4 SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kabupaten Banjar yang berjumlah 15 orang siswa, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 12 orang
perempuan pada semester II tahun pelajaran 2023/2024. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang terdapat dalam data aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila skor yang diperoleh minimal berada pada kriteria “baik”; (2) Siswa dikatakan tuntas belajar secara individual apabila nilai yang diperolehnya ≥70, sedangkan secara klasikal dinyatakan berhasil apabila siswa yang tuntas belajar ≥80%.
Hasil penelitian pada pertemuan 1 menunjukkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran mencapai skor 21 dengan kriteria baik. Pada perteman 2 mencapai skor 23 dengan kriteria baik dan pada pertemuan 3 mencapai skor 28 dengan
kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar pada perteman 1 mencapai ketuntasan 60% atau sebanyak 9 siswa, pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 73,33% atau sebanyak 11 dan pada pertemuan 3 menjadi 93,33% atau sebanyak 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pertemuan 1-3 pelaksanaan model DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru sehingga berdampak pada peningkatan keterampilan membaca siswa dan hasil belajarsiswa kelas 4 SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kabupaten Banjar. Disarankan kepada peneliti lain, agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian dan sebagai bahan pembanding untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada materi menemukan informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:31 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/269 |