MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 3

SASKIA AGUSTINA, SASKIA (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 3. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Gambut 3 adalah hasil belajar siswa kelas V pada muatan matematika khususnya pada materi kubus dan balok belum optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, belum menggunakan pembelajaran kooperatif, siswa tidak aktif. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting lokasi penelitian di SDN Gambut 3, siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi,
persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 65 dengan ketuntasan klasikal ≥75%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada Siklus I pertemuan I yaitu 16, pertemuan II yaitu 18 dan pada Siklus II pertemuan III yaitu 22, pertemuan IV yaitu 24. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan I mencapai 41,66%, pertemuan II mencapai 54,16% dan pada Siklus II pertemuan III mencapai 70,83%, pertemuan IV mencapai 83,33%. Ketuntasan hasil belajar siswa Siklus I mencapai 54,16% dan
meningkat pada Siklus II pertemuan IV yaitu mencapai 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal,siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kubus dan Balok Kelas
V SDN Gambut 3 pada tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:13
Last Modified: 22 Oct 2024 04:13
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item