SITI WASTINAH, SITI WASTINAH (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VB SDN GAMBUT 10. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (895kB)
Abstract
Kata Kunci: Menulis Narasi, Cooperative Integratred Reading and Composition
Permasalahan yang dihadapi SDN Gambut 10 adalah rendahnya keterampilanmenulis narasi siswa yang dilihat dari hasil belajar keterampilan menulis narasi siswa kelas VB terdapat rendahnya hasil belajar keterampilan menulis narasi yaitu, siswa mudah jenuh disaat siswa diminta untuk menulis; siswa kurang semangat dan cenderung mudah bosan untuk belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa indonesia khususnya keterampilan menulis; banyak siswa yang nilainya belum tuntas atau mencapai KKM; siswa sering lupa pembelajaran yang sudah dijelaskan guru; dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran lebih bervariasi dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition .
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di SDN Gambut 10, dengan jumlah 16 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi unuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 75%. Aktivitas guru dan aktivitas siswa minimal berkriteria baik dan aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 75%, pertemuan 2 yaitu 80% dan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 85%, pertemuan 2 yaitu 95%. Presentase aktivitas klasikal siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 50% pertemuan 2 mencapai 75% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 87,5%, pertemuan 2 mencapai 93,75%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis narasi siswa siklus I mencapai 50% dan meningkat pada siklus II mencapai 87,5%. Hal ini menunjukan bahwa sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VB SDN Gambut 10 pada tahun ajaran 2023/2024. Pada temuan hasil peneliti ini diharapkan kepada guru agar menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai salah satu alternatif agar memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan lebih baik dan meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:04 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/284 |