MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN BENUA RIAM

GINA MALIA, GINA (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN BENUA RIAM. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[thumbnail of II-III-IV.pdf] Text
II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (847kB)

Abstract

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Scramble
Permasalahan dalam pembelajaran membaca pemahaman terjadi pada siswa kelas IV SDN Benua Riam. Rendahnya nilai membaca pemahaman menunjukkan bahwa dari 18 siswa di kelas hanya 6 (33%) siswa yang tuntas KKM 70. Berdasarkan hasil pengamatan, 1) proses pembelajaran belum menggunakan metode membaca, 2) penjelasan materi hanya dengan membaca teks secara bergantian, 3) tidak ada tahapan dalam kegiatan membaca, 5) siswa belum mampu menentukan ide pokok dan kesimpulan dengan tepat sesuai teks bacaan, 6) siswa kurang antusias dalam kegiatan membaca, hanya membaca teks bacaan tanpa memahami isi bacaan dan 7) kosakata siswa terbatas. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tersebut melalui model pembelajaran Scramble. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdapat dua pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan kolaborasi dengan guru kelas IV SDN Benua Riam semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 siswa. Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar membaca pemahaman melalui model pembelajaran Scramble. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang akan dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥80% dengan kriteria sangat baik dan ketuntasan membaca pemahaman siswa secara klasikal mencapai ≥80% dari ketuntasan individu dengan KKM 70.
Berdasarkan hasil penelitian, adanya peningkatan setiap siklus pada aktivitas guru, siswa dan hasil membaca pemahaman. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II pertemuan II meningkat sebesar 92% dengan kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus II pertemuan II meningkat sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Hasil pengamatan pada hasil membaca pemahaman siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 7 siswa tuntas atau sebesar 65% ketuntasan klasikal, pada siklus I pertemuan II sebanyak 9 siswa tuntas atau sebesar 50% ketuntasan klasikal, pada siklus II pertemuan I sebanyak 12 siswa tuntas atau sebesar 67% ketuntasan klasikal dan pada siklus II pertemuan II sebanyak 15 siswa tuntas atau sebesar 83,3%. Ketuntasan klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Benua Riam. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbahasa agar dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dan meningkatkan motivasi membaca siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:22
Last Modified: 22 Oct 2024 07:22
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item