Norfadilah, Norfadilah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN BUNGLAI. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (686kB)
BAB I-V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (451kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (988kB)
Abstract
Permasalahan mengenai lemahnya proses pembelajaran dan kesulitan belajar
muatan IPA terjadi pada siswa kelas V SDN Bunglai. Berdasarkan pengamatan proses
pembelajaran diperoleh 1) pembelajaran masih menggunakan metode konvensional
(ceramah dan diakhiri dengan tugas) 2, pembelajaran tidak menggunakan media
pembelajaran sehingga fokus siswa hanya pada buku, 3) hanya sebagian siswa yang
memberikan respons mengenai materi, 4) penjelasan materi di lakukan tanpa variasi
pembelajaran, dan 5) siswa hanya duduk dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh
guru sehingga siswa kurang aktif mengutarakan pendapat, ide, gagasan, dan pertanyaan
mengenai materi yang belum dipahami. Salah satu pembelajaran inovatif yang dapat
diterapkan sesuai dengan permasalahan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran
Round Table berbantuan media gambar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dengan guru
kelas V selama 2 siklus dengan setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
pada siswa kelas V semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 17 siswa. Adapun
faktor yang di teliti yakni faktor guru dan siswa serta hasil belajar muatan IPA. Cara
pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang
dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥81% dengan kriteria sangat baik dan
sangat aktif serta ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70(KKM)
dengan ketuntasan klasikal mencapai ≥80%.
Hasil penelitian menunjukkan persentase tinggi pada pertemuan terakhir
penelitian. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II pertemuan II memperoleh
persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada
siklus II pertemuan II memperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat aktif.
Hasil belajar siswa meningkat dan tuntas pada siklus II pertemuan II sebanyak 14 siswa
atau sebesar 82%. Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Round Table berbantuan media gambar dapat meningkatkan
aktivitas guru, siswa dan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas V SDN Bunglai.
Hasil penelitian disarankan dapat dijadikan sebagai alternatif acuan dalam mengambil
kebijakan pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa dan dapat meningkatkan
kualitas pendidikan serta penguasaan model-model pembelajaran terhadap guru-guru di
sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:35 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/319 |