Paridah, Paridah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLAS CARD PADA SISWA KELAS LV SDN PA'AU. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB I-V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (435kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya hasil menulis siswa kelas IV SDN Paau menjadikan keterampilan
menulis siswa belum mencapai kriteria menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil
dokumentasi dari sejumlah 15 siswa hanya, 6 (40%) siswa yang tuntas, sedangkan 9 (60%)
siswa lainnya belum tuntas KKM 70. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas,
pembelajaran menulis sudah diajarkan akan tetapi masih perlu ditingkatkan serta masih
perlu bimbingan, ketika diminta membuat teks deskripsi siswa mengerjakan sesuai
keinginan siswa tanpa memperhatikan arahan, selain itu siswa belum mampu menuangkan
gagasan, pendapat, maupun idenya ke dalam bentuk tulisan, siswa malu bertanya dan tidak
fokus pada saat penjelasan materi dan lebih suka mencontoh tulisan punya teman sebangku
sehingga isi teks deskripsi hampir sama dan serupa. Salah satu solusi yang sesuai dengan
permasalahan tersebut yakni menggunakan model pembelajaran Concept Sentence
berbantuan media Flash Card.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus
dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
di kelas IV SDN Paau pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 15 siswa.
Adapun faktor yang diteliti yakni, faktor guru, faktor siswa dan hasil belajar menulis teks
deskripsi. Cara pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator
keberhasilan yang dicapai yakni aktivitas guru dan siswa mencapai ≥ 80% berada pada
kriteria sangat baik dan ketuntasan belajar siswa secara individual dengan nilai ≥70
(KKM). Indikator keberhasilan pada ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% dari ketuntasan
individu.
Berdasarkan hasil penelitian pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar mengalami
peningkatan. Hasil pengamatan pada aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sebesar 64%,
siklus I pertemuan II sebesar 72%, siklus II pertemuan I sebesar 78% dan meningkat lai
pada siklus II pertemuan II sebesar 90%. Hasil pengamatan pada aktivitas siswa pada siklus
I pertemuan I sebesar 63,5%, siklus I pertemuan II sebesar 70,4%, siklus II pertemuan I
sebesar 76% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 86%. Hasil pengamatan pada hasil
menulis teks deskripsi siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 7 siswa tuntas atau sebesar
47%, siklus I pertemuan II sebanyak 9 siswa yang tuntas atau sebesar 60%, siklus II
pertemuan I sebanyak 11 siswa tuntas atau sebesar 73% dan siklus II pertemuan II sebanyak
12 siswa tuntas atau sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran Concept Sentence
berbantuan media Flash Card pada kelas IV SDN Paau dapat meningkatkan aktivitas guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan motivasi
terhadap pembelajaran menulis agar siswa menjadi lebih aktif, memudahkan dalam
menyampaikan materi dan dapat membantu siswa dalam menemukan ide dan
mengembangkannya sehingga keterampilan menulis siswa dapat berkembang dengan
optimal serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:58 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/321 |