MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN MEKAR RAYA

Noor Laisa, Noor Laisa (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN MEKAR RAYA. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)
[thumbnail of BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II-III-IV.pdf] Text
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (963kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil membaca intensif siswa. Hal tersebut disebabkan proses pembelajaran yang masih menerapkan metode ceramah, kurangnya minat dan motivasi membaca intensif, siswa kesulitan dalam memahami teks bacaan dan kurang mampu menemukan pokok pikiran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Word Square dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui model Word Square. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam siklus I, 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mekar Raya, dengan berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil membaca intensif siswa yang diperoleh melalui tes essai secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 13, pertemuan 2 memperoleh skor 16, dan pertemuan 3 memperoleh skor 18. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 56,25%, pertemuan 2 memperoleh persentase 75%, dan pertemuan 3 memperoleh persentase 87,5%. Untuk ketuntasan klasikal hasil membaca intensif siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 56,25%, pertemuan 2 memperoleh persentase 68,75%, dan pertemuan 3 memperoleh persentase 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Word Square dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa. Adapun saran bagi sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa,dan hasil membaca intensif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:34
Last Modified: 25 Nov 2024 03:34
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item