ROHAYATI, ROHAYATI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 BATU MERANTI. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (49kB)
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (164kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (573kB)
Abstract
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGPADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 BATU MERANTIRohayatiPendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas Nahdlatul Ulama Kalimantan SelatanPenelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. 2) untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pada saat observasi terhadap pembelajaran matematika belum menggunakan model yang tepat untuk peserta didik. Pada pelaksanaan proses pembelajaran digunakan langkah-langkah model DiscoveryLearning yaitu, simulation (pemberian rangsangan), pernyataan/identifikasimasalah, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatifdan jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Batu Meranti. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dimana setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Batu Meranti yang terdiri dari 21 peserta didik. Berdasar hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terjadi peningkatan dimana peserta didik mendapat skor 21dengan kriteria cukup aktif kemudian meningkat menjadi skor 42 dengan kriteria sangat aktif. 2) aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terjadi peningkatan dimana guru mendapat skor 74 dengan kriteria baik kemudian meningkat menjadi skor 92 dengan kriteri sangat baik. 3) hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan modelDiscovery Learning terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari ketuntasan 55% ke 63% pada siklus I dan meningkat menjadi 71% ke 86% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:18 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:18 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/383 |