Isnawati, Isnawati (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD RIAM ADUNGAN 1. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (297kB)
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (133kB)
HALAMAN II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK Isnawati, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV UPTD SD Riam Adungan I. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (I), Pembimbing (II). Kata-kata Kunci: Hasil Belajar Materi Pecahan, Pendekatan Realistic Mathematics Education Permasalahan yang dihadapi di UPTD SD Riam Adungan I adalah pembelajaran Matematika. Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kurang di diamati oleh siswa hal ini dikarenakan guru belum menemukan pendekatan yang cocok dengan materi serta pembelajaran yang kurang menyenangkan sehingga siswa menjadi bosan sehingga hasil belajar siswa rendah dan berada di bawah KKM yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Riam Adungan I. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitiannya di SDN Riam Adungan I, siswa kelas IV yang berjumlah 21 Siswa. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan materi pecahan menggunakan pendekatan realistic mathematics education dinyatakan telah berhasil dikarenakan terjadi peningkatan dimana guru mendapatkan skor 32 dengan kategori sangat baik kemudian meningkat menjadi skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan materi pecahan terjadinya peningkatan setiap pertemuannya dimana siswa mendapatkan persentase 32% dengan kriteria aktif kemudian meningkat menjadi 91% dengan kreteria sangat aktif dan Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan materi pecahan menggunakan pendekatan realistic mathematics education menunjukkan seluruh kelompok sudah menunjukan kearah yang lebih baik serta nilai sudah mencapai indikator ketuntasan yaitu ≥70 dan sudah mencapai skor (100%) mencapai indikator yang sudah mencapai skor maksimal. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan realistics mathematics education Siswa Kelas IV UPTD SD Riam Adungan I pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan pendekatan realistics mathematics education sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:34 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:34 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/394 |