MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM

Ach. Faizal Al-Hosni, Faizal Al-Hosni (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIS NU DARUL ULUM. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)
[thumbnail of BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[thumbnail of BAB II-III-IV.pdf] Text
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapai di MI NU Darul Ulum adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn Kelas V karena kurangnya ketertarikan siswa untuk bertanya dan berpendapat, keaktifan dan minat siswa rendah selama mengikuti proses pembelajaran, kurangnya kerjasama antar siswa, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Sehingga hasil belajar siswa rendah dan berada di bawah KKM yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V MI NU Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di MI NU Darul Ulum, siswa kelas V yang berjumlah 20 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 82%. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 13, pertemuan kedua yaitu 16 dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 18, pertemuan kedua yaitu 20. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 65%, pertemuan 2 mencapai 75% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 85%, pertemuan 2 mencapai 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II pertemuan II mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar muatan PPKn siswa kelas V MI NU Darul Ulum pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru menggunakan model pembelajaran make a match sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:41
Last Modified: 02 Dec 2024 06:41
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item