MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VB MIS DARUL MA’RIFAH

MAHDI, MAHDI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VB MIS DARUL MA’RIFAH. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)
[thumbnail of BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (628kB)
[thumbnail of BAB II-III-IV.pdf] Text
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Mahdi, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas VB MIS Darul Ma’rifah Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (1) Marlina, M.Pd Pembimbing (II) Siti Rahmah, M.Pd. Kata-kata Kunci: Hasil Belajar muatan IPA, Model Pembelajaran Think Pair Share Permasalahan di MIS Darul Ma’rifah adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA Kelas VB karena pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa cenderung pasif, siswa hanya duduk memperhatikan guru menjelaskan, dan sesekali menjawab jika diberi pertanyaan. Guru juga jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar muatan IPA Kelas VB MIS Darul Ma’rifah. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis Penelitian yaitu PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitiannya di MIS Darul Ma’rifah, siswa kelas VB berjumlah 24 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi KKM yaitu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Aktivitas guru/siswa minimal berkriteria baik/aktif. Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 16, pertemuan kedua yaitu 18 dan pada Siklus II pertemuan 1 yaitu 19, pertemuan kedua yaitu 22. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 67%, pertemuan 2 mencapai 71% dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 79%, pertemuan 2 mencapai 87%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 71% dan meningkat pada siklus II mencapai 92%. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tercaainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas VB MIS Darul Ma’rifah pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan, diharapkan agar guru menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebagai salah satu alternatif dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 04 Dec 2024 08:05
Last Modified: 04 Dec 2024 08:05
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item
View Item