Mahfus Amin, Mahfus Amin (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LAYAR PROYEKTOR PADA SISWA KELAS V SDN MALINTANG 2. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (238kB)
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (531kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK Amin, Mahfus.2024. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKN melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Layar Proyetor pada Siswa Kelas V SDN Maintang 2. Skripsi Program S- 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Pembimbing (I) Marlina, M.Pd, Pembimbing (II) Ali Ridho, M.Pd. Kata-kata Kunci: Hasil Belajar Muatan PPKN, Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Layar Proyektor. Permasalahan yang dihadapi di SDN Malintang 2 adalah hasil belajar siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V kurang optimal karena pembelajaran di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung, sebagian siswa belum bisa menyelesaikan soal dengan baik, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, bahwa belum optimal hasil belajar di kelas karena kurangnya pemahaman siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hal tersebut karena materi yang diajarkan tergolong sulit dan terlalu luas, sehingga masih banyak siswa yang kurang mengerti, siswa tidak aktif pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil belajar muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dari 17 siswa kelas V SDN Malintang 2, bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM 70. Dari 17 siswa hanya 59% sebanyak 10 siswa yang tuntas mencapai KKM dan 41% sebanyak 7 siswa yang belum tuntas mencapai KKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setting penelitian di SDN Malintang 2, siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa terdiridari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir tes hasil belajarsiswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥80%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik/aktif. Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Layar Proyektor dapat Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V SDN Malintang 2 pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Layar Proyektor sebagai salah satu alternatif dalamupaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 00:32 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 00:32 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/409 |