Hardianor Ramadani, Hardianor Ramadani (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI HIMPUNAN. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (244kB)
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (246kB)
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (761kB)
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI HIMPUNAN. Hardianor Ramadani Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan ramadanihardianor@gmail.com Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Adapun subjek penelitian sebanyak 6 orang dari 21 siswa-siswi kelas VII A di SMP Negeri 3 Gambut, dimana dari masing – masing subjek terdiri dari 2 siswa-siswi yang memiliki tingkat kemampuan dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis (lembar jawaban siswa) dan wawancara. Proses yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar dan tepat serta penguasaan materi pada materi himpunan. Berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara diperoleh: a). Siswa dengan kemampuan kategori tinggi mampu memahami konsep matematika dengan baik dan tepat pada materi himpunan walaupun pada saat membuat diagram veen masih belum sempurna. b). Siswa dengan kemampuan kategori sedang dalam memahami konsep matematika sudah dapat dikatakan cukup baik walaupun masih terdapat kekeliruan terhadap simbol yang digunakan pada materi himpunan. c). Siswa dengan kategori rendah dalam memahami konsep matematika pada materi himpunan dapat dikatakan masih tergolong kurang. Kata kunci: himpunan, kemampuan pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Editor Repository Unukase |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:01 |
URI: | https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/411 |