IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING SCRAPBOOK AT SEVENTH GRADE OF MTS AT THAHIRIYAH SAMBUNG MAKMUR

Muhammad Musleh, Muhammad Musleh (2024) IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING SCRAPBOOK AT SEVENTH GRADE OF MTS AT THAHIRIYAH SAMBUNG MAKMUR. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[thumbnail of BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB I-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (974kB)
[thumbnail of BAB II-III-IV.pdf] Text
BAB II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Musleh, 2024. Improving Students’ Writing Skills of Descriptive Text by Using Scrapbook at Seventh Grade of MTS At Thahiriyah Sambung Makmur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan Tahun Akademik 2023/2024. Pembimbing I Lailatun Najmiah, M.Pd. Pembimbing II Fikri Fuadi Azmi, M.Pd. Keywords: Descriptive Text, Scrapbook, Writing Skills Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan prestasi siswa dalam menulis teks deskriptif menggunakan media scrapbook pada siswa kelas tujuh di MTs. Atthahiriyah Sambung Makmur. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan kelas kontrol. Peserta terdiri dari 23 siswa kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Pretest dilakukan untuk mengukur kemampuan awal kedua kelompok (P1). Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan khusus menggunakan media gambar, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Setelah itu, post-test dilaksanakan untuk menilai hasil akhir dari kedua kelompok (P2). Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam teks deskriptif. Dari analisis data, dapat disimpulkan bahwa media scrapbook efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di MTs. Atthahiriyah Sambung Makmur untuk Tahun Pelajaran 2024/2025. Sebelum menggunakan scrapbook, kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif masih rendah, dengan nilai rata-rata pre-test 52,36 untuk kelas eksperimen dan 50,62 untuk kelas kontrol. Dalam kelas kontrol, hanya tiga siswa yang memperoleh nilai 60, dengan rata-rata post-test 55 (sekitar 12%). Sementara itu, di kelas eksperimen, rata-rata post-test mencapai 70 dengan persentase sekitar 14%. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis deskriptif siswa melalui penggunaan media scrapbook.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:10
Last Modified: 05 Dec 2024 01:10
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item