MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TENGAH 2

Siti Rohana (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TENGAH 2. S1 thesis, Universitas NU Kalimantan Selatan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, PERNYATAAN ORISINALITAS, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf] Text
HALAMAN JUDUL, PERNYATAAN ORISINALITAS, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (879kB)
[thumbnail of BAB 1, BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB 1, BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (672kB)
[thumbnail of BAB 2, BAB 3, BAB 4.pdf] Text
BAB 2, BAB 3, BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Kelayan Tengah 2 adalah hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV kurang optimal karena aktivitas dalam
pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa, siswa tidak aktif, proses pembelajaran
pendidikan pancasila kebanyakan hanya mencatat materi dan mendengarkan penjelasan dari
guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model
Pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali
pertemuan setiap siklusnya dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Setting penelitianna di SDN Kelayan Tengah 2, siswa kelas IV yang
berjumlah 24 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah butir tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Teknik
analisis data yang dipakai yaitu distribusi, frekuensi, persentase dan interpretasi. Indikator
keberhasilan yaitu apabila hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan individu yaitu 68 dengan
ketuntasan klasikal ≥70%. Aktivitas guru dan siswa minimal berkriteria baik atau aktif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu
pada Siklus I pertemuan 1 yaitu 12, siklus I pertemuan II yaitu 14 dan pada Siklus II pertemuan
I yaitu 16, siklus II pertemuan II yaitu 18. Persentase aktivitas klasikal siswa pada Siklus I
pertemuan I mencapai 48,14%, siklus I pertemuan II mencapai 59,5% dan pada Siklus II
pertemuan 1 mencapai 70,37%, siklus II pertemuan II mencapai 81,48%. Ketuntasan hasil
belajar siswa. Siklus I mencapai 44,50% dan meningkat pada Siklus II pertemuan II yaitun
mencapai 77,80%. Hal ini menandakan bahwa sudah tercapainya indikato keberhasilan yang
telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa denga menggunakan model
Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan
Pancasila Kelas IV SDN Kelayan Tengah 2 pada tahun ajaran 2024/2025 Berdasarkan temuan
hasil penelitian ini dapat diharapkan kepada guru agar menggunakan model Pembelajaran
Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif dala upaya memudahkan proses
pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Editor Repository Unukase
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:02
Last Modified: 15 Oct 2025 02:02
URI: https://repository.unukase.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item